8 Manfaat Ikan Gurame Bagi Kekebalan Tubuh!

22 Agustus 2021

Ikan merupakan bahan pangan yang sangat mudah diolah oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Rasanya yang nikmat juga menjadikan hewan ini salah satu pilihan resep memasak secara simpel, selain itu kandungan gizi yang tinggi membuat ikan menjadi pilihan makanan sehat.

Dibalik Rasa yang Nikmat, Ikan Gurame Memiliki Kandungan Gizi yang Bermanfaat Bagi Kekebalan Tubuh!

Dikenal sebagai ikan air tawar yang berukuran besar, ikan gurame merupakan solusi pangan yang sehat karena tinggi nutrisi, rendah lemak, dan kolesterol. Dibawah ini merupakan beberapa kandungan gizi ikan gurame dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasanya.

Kandungan Gizi Ikan Gurame

Berikut merupakan kandungan gizi ikan gurame yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh (dalam 100 gram).

  • Kalori                          : 126 kkal
  • Lemak                         : 5.6 gr
  • Protein                        : 18 gr
  • Kalsium (Ca)              : 41 mg
  • Kalium (K)                  : 333 mg
  • Besi (Fe)                     : 1.24 mg
  • Magnesium (Mg)       : 29 mg
  • Fosfor (P)                   : 415 mg
  • Vitamin C                   : 1.6 mg
  • Vitamin A                   : 9 mg
  • Vitamin D                   : 2 mg
  • Omega 3                     : 0.22 gr

Manfaat Ikan Gurame Bagi Kekebalan Tubuh!

1. Regenerasi Sel yang Rusak

Tubuh manusia mengalami kerusakan terus-menerus pada bagian sel setiap harinya. Kejadian ini merupakan sebuah hal yang wajar, namun jangan dibiarkan begitu saja karena tubuh juga memerlukan protein untuk mengganti sel yang rusak.

Kandungan protein yang terdapat pada ikan gurame terbukti untuk melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Terutama sel darah putih yang berhubungan dalam meningkatkan imun dalam tubuh manusia.

2. Membantu Pemulihan Pasca Sakit

Ikan air tawar termasuk sumber pangan yang kaya akan protein, termasuk ikan gurame. Kandungan protein tersebut akan merangsang terbentuknya unsur fibrinogen dan tromboplastin yang sangat membantu mempercepat penyembuhan luka dan iritasi.

Pemulihan tersebut sangat penting agar sistem metabolisme tubuh dapat berjalan maksimal. Nantinya akan berdampak pada peningkatan fisik dan stamina.

3. Mengurangi Depresi

Tidak dapat dipungkiri, depresi merupakan salah satu pemicu penyakit lain yang dapat merugikan tubuh manusia. Selain memicu penyakit, depresi juga dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh, akibatnya manusia lebih rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Kandungan Omega 3 yang terdapat pada ikan gurame sangat berperan dalam mengurangi tingkat depresi akibat melakukan hal yang jenuh, contohnya ketika melakukan isolasi mandiri atau work from home (WFH). Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gurame ketika sedang melakukan kegiatan tersebut.

4. Penambah Massa Otot

Masa pandemi membuat tubuh untuk terus melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah berolahraga. Kegiatan olahraga yang baik juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat, seperti mengonsumsi ikan.

Ikan gurame dikenal dengan kandungan protein dan vitamin A yang tinggi. Keduanya berperan dalam menambah massa otot manusia, tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi dapat meningkatkan bentuk tubuh agar terlihat sehat.

5. Cocok Mengobati Penyakit Mudah Lelah

Sering merasa lelah ketika beraktivitas dengan ringan? Waspadai karena itu merupakan gejala penyakit cachexia. Penyakit tersebut ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, walaupun melakukan aktivitas yang tidak berat.

Jika dibiarkan penyakit ini akan memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, bahkan dapat menyebabkan kematian mendadak. Jadi penyakit cachexia harus diwaspadai gejalanya sedini mungkin,

Penyakit ini timbul karena kurangnya asupan protein yang diperlukan bagi tubuh. Tidak perlu khawatir, karena dengan mengonsumsi ikan gurame secara rutin penyakit tersebut dapat diminimalisir.

6. Mengurangi Masalah Kardiovaskular

Manfaat ikan gurame lain yaitu menghindari masalah kardiovaskular yang dapat menurunkan fungsi dan kekebalan tubuh. Seperti gagal jantung atau terhambatnya fungsi organ kardiovaskular tersebut.

Olahan ikan gurame yang sehat dapat mengurangi tubuh memproduksi trigliserida berlebihan. Selain itu dapat meningkatkan jumlah lemak sehat serta menghindari pembekuan darah, sehingga tidak terjadi penyempitan pembuluh darah yang membahayakan kesehatan tubuh.

Manfaat Ikan Gurame Lainya

1. Baik untuk Ibu Hamil

Kebanyakan ibu hamil mengurangi memakan ikan karena takut mengandung merkuri yang berbahaya bagi kesehatan janin. Namun, hal itu tidak berlaku bagi ikan gurame.

Karena mayoritas ikan gurame didapatkan dari hasil budidaya dengan air yang bersih, ikan gurame sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan vitamin dan omega 3 yang tinggi dapat meningkatkan perkembangan janin, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi ikan tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Dari dulu ikan dikenal sebagai bahan pembuatan kosmetik karena kandungan protein dan asam amino yang baik bagi kulit. Tidak heran banyak yang mengonsumsi ikan untuk meningkatkan kecantikan dan menjaga kesehatan kulit.

Disarankan untuk mengonsumsi ikan gurame sebanyak 2 kali sehari (400 gram) agar memaksimalkan asupan protein bagi tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Penyajian ikan gurame terbaik dapat dilakukan dengan cara dikukus, direbus, atau dibakar.

Bagitu banyak manfaat dari ikan gurame bagi kesehatan tubuh, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pada masa pandemi ini sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.