Cerita Pelanggan Akuakultur Kami dari Kota Depok

15 Juni 2021

Kecamatan Sawangan di Kota Depok merupakan salah satu lokasi sentra budidaya ikan konsumsi air tawar. Berbagai pelaku usaha perikanan air tawar banyak melakukan kegiatan operasionalnya disana.

Selama Hampir 10 Tahun, De Heus Menyediakan Pakan Berkualitas untuk Budidaya Lele Milik Pak Usman

Salah satu pelanggan setia kami yaitu Bapak Usman merupakan pelaku usaha budidaya ikan lele. Dengan pengalaman selama lebih dari 13 tahun, Bapak Usman menceritakan bagaimana bagaimana mengelola budidaya ikan lele dengan pakan De Heus. Berikut wawancaranya!

Bisa diceritakan, nama dan pengalaman bapak dalam budidaya ikan lele ini?

 

‘’Baik, nama saya Usman, saya disini mengelola budidaya ikan lele yang berlokasi di Sawangan, Kota Depok. Saya memiliki pengalaman usaha budidaya ikan lele sejak tahun 2007. Namun saya baru intens budidaya ikan lele mulai tahun 2011. Ketika itu juga saya mulai membangun beberapa sistem. Mulai dari sistem pemeliharaan, sistem air, tata kelola dan manajemen teknisinya’’.

Berapa luas dan ukuran lokasi budidaya lele di tempat bapak ini?

‘’Luas tanah disini memiliki ukuran sekitar 6 hektare, Sedangkan untuk jumlah kolamnya disini kami memiliki 300 kolam dengan jumlah kepadatan 7500 sampai 4000’’.

Bagaimana Bapak Usman menemukan produk pakan De Heus?

“Awalnya kita mencari pakan untuk operasional farm kita, setelah itu kita mencoba berbagai macam jenis dan merek pakan lele. Pada akhirnya tahun 2012 kita mendapatkan penawaran pakan ikan dari De Heus. Awalnya kami mencoba produk ini dalam skala kecil, kurang lebih 50 karung dalam seminggu. Setelah itu kami melihat hasil bahwa pakan De Heus yang paling bagus dibanding produk lain. Petani kami juga sangat sangat suka produk ini karena nafsu makan ikan lele kami lebih stabil. Karena beberapa hal tersebut, hingga saat ini kami tetap menggunakan pakan De Heus”.

De Heus selalu mensupport kebutuhan setiap pelanggan. Bisa bapak ceritakan pengalaman bapak mendapatkan support oleh De Heus Indonesia?

“Pertama, saya bersyukur setelah disupport oleh De Heus, kami diberi kepercayaan sebagai penyedia pakan Ikan berkualitas untuk petani kami. Kami mengucapkan terima kasih kepada De Heus yang sudah memberikan kepercayaan dan pengalaman yang lebih dalam.

Kedua, De Heus menyediakan pakan untuk berbagai ukuran ikan, mulai dari benih hingga dewasa. Ini sangat membantu kami untuk mendapatkan pakan dengan mudah dan praktis. Selain itu kami dapat dengan mudah mengembangkan usaha kami, mulai dari pemijahan, pembenihan, dan pembesaran.

Ketiga, kami di support oleh De Heus terkait teknis budidaya secara intensif, kami di support mulai dari teknis pembesaran, pemberian pakan, dan pemijahan.

Selain itu kami juga mendapat jaminan dari De Heus, bahwasanya kebutuhan pakan untuk farm kami tidak akan terganggu selagi kami di support”.

Bagaimana Kesan dan Pesan Bapak Usman Terhadap De Heus Indonesia?

‘’Saya berterima kasih kepada De Heus Indonesia atas supportnya selama ini sehingga petani farm kami merasa lebih nyaman dan bersemangat dalam menjalankan usaha. Karena kita juga mendapatkan support baik dari segi teknis, ketersediaan pangan, dan kualitas pakan. Semoga De Heus lebih baik lagi kedepanya!’’

Kunjungi deheus.id untuk mendapatkan informasi seputar agrikultur lainya.