De Heus Animal Nutrition memperkuat posisinya di Indonesia dengan mengakuisisi Neovia Indonesia

02 Juni 2020

Di tanggal 2 Juni, De Heus Animal Nutrition (De Heus) melengkapi operasional pakan majemuk dengan mengakuisisi Neovia Indonesia (PT Welgro Feedmill dan PT Wirifa Sakti) dari ADM. Dengan dua pabrik pakan yang berlokasi di Jawa Bara dan Jawa Timur dengan total volume penjualan 125.000 ton pada tahun 2019, Welgro dan Wirifa fokus terutama pada segmen pakan unggas, aqua, dan babi. Bagi De Heus Indonesia, akuisisi ini merupakan langkah penting dalam ambisinya menjadi pemain terdepan di pasar pakan ternak Indonesia.

Gabor Fluit, Direktur Bisnis De Heus Asia: “Setelah berhasil masuk ke Indonesia pada tahun 2018 melalui akuisisi PT. Universal Agri Bisnisindo (UAB) di Bekasi, Jawa Barat, akuisisi ini akan mempercepat strategi pertumbuhan di Indonesia. Akuisisi ini akan memberi kami peluang yang sangat baik untuk memperluas posisi kami di area peternakan utama dan budidaya perairan, dekat dengan pelanggan baru dan potensial kami.

 

‘Kita hidup di masa yang bergejolak akibat virus Covid-19, akibatnya permintaan pakan ternak sedikit menurun. Dalam jangka panjang, kami yakin bahwa pasar akan pulih. De Heus adalah perusahaan yang fokus kepada rencana jangka panjang dan berdedikasi untuk membawa teknologi baru dan kemajuan nyata ke pasar tempat kami beroperasi dengan bekerja sama secara erat dengan pelanggan kami. Diperkirakan ukuran pasar pakan ternak di Indonesia akan meningkat dari 19 juta ton pada 2019 menjadi 22 juta ton di tahun 2022. Populasi Indonesia saat ini adalah 273 juta, menjadikan Indonesia negara dengan pasar konsumen protein terbesar di Asia Tenggara. Permintaan protein hewani akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang karena pertumbuhan pendapatan yang dapat dibuang serta perubahan preferensi konsumen.

 

Gabor Fluit: “Sejak akuisisi UAB, De Heus berhasil mereplikasi pendekatan pasar yang sukses yang dikembangkan di negara-negara Asia Tenggara lainnya, mendukung profesionalisasi lebih lanjut dari peternak mandiri di sektor peternakan dan budidaya perairan dengan produk pakan ternak berkualitas premium serta pakan praktis dan nasihat mengenai peternakan. Selain itu kami telah meningkatkan proses produksi, berinvestasi dalam pelatihan teknis personel, dan memulai pembangunan jalur produksi baru untuk pakan aqua dan unggas yang saat ini sudah ada di UAB.”

 

Kay De Vreese, Presiden Direktur De Heus Indonesia: “Kami sangat senang di mana fokus kami pada peningkatan kualitas produk dan berbagi praktik terbaik diakui dan dihargai oleh basis pelanggan yang tumbuh secara signifikan di Indonesia. Kami akan terus menerapkan rencana investasi kami selama beberapa tahun mendatang.

 

Beliau melanjutkan: “Kami sangat senang menyambut karyawan Welgro dan Wirifa sebagai rekan baru De Heus di Indonesia. Kami telah mengenal Welgro dan Wirifa sebagai perusahaan yang dinamis dengan fokus pada peningkatan yang berkelanjutan, sangat sesuai dengan budaya perusahaan De Heus. Tahun mendatang akan menjadi masa transisi yang penting. Kami akan mengidentifikasi investasi yang dibutuhkan dalam proses produksi untuk meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan kapasitas produksi. Sebagai tambahan, Welgro dan Wirifa akan diselaraskan dengan standar De Heus sehingga akan tercipta organisasi De Heus yang kuat dan kompak di Indonesia. Kami juga akan terus mengukur adanya peluang potensial untuk memperkuat posisi kami dalam rantai makanan, baik secara organik dan melalui akuisisi.”