Kuatkan Sinergi Rantai Suplai Unggas, De Heus Indonesia Bersama PT. Janu Putera Sejahtera Resmikan Peternakan Ayam GPS

27 September 2021

Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani utama di Indonesia, dengan konsumsi nasional per kapita saat ini sebesar 11,6 kg. Industri unggas yang profesional sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat di dalam negeri.

Peresmian Dilakukan Oleh Direktorat Jenderal Pembibitan dan Hewan Ternak, Presiden Direktur De Heus Indonesia, Owner PT. Janu Putra Grup, dan Wakil Bupati Wonogiri

Dalam rangka meningkatkan standar performa pembibitan Grand Parent Stock (GPS) ke tingkat internasional dan menyediakan Parent Stock Day Old Chicks berkualitas tinggi, De Heus Indonesia bersama PT Janu Putra Sejahtera meresmikan peternakan ayam GPS seluas 8 hektar di Giriwoyo, Jawa Tengah.

Sebagai perusahaan keluarga yang telah berdiri selama lebih dari 100 tahun dalam penyediaan nutrisi hewan, De Heus terus memberikan kontribusi yang berkembang dengan meningkatkan kerja sama di seluruh rantai produksi pangan. Dengan berfokus pada keamanan pangan.

Pembangunan peternakan ayam GPS berteknologi tinggi bertujuan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang dan merupakan wujud komitmen De Heus dalam membangun rantai pasokan daging ayam yang aman sesuai dengan standar Global G.A.P.

“Produksi protein unggas di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan yang cukup besar. Kita harus mampu mengambil tanggung jawab untuk mengatasi tantangan ini dan menemukan cara untuk menghadapinya. Profesionalisasi lebih lanjut diperlukan untuk memenuhi tuntutan yang semakin penting terkait dengan biosekuriti, kebersihan, keamanan pangan, kesejahteraan hewan, dan pengurangan penggunaan antibiotik. Untuk memfasilitasi dan mencapai potensi penuh, berbagai mitra di rantai pasokan ayam perlu bekerja sama seoptimal mungkin, di seluruh rantai makanan,” ucap Kay De Vreese, Presiden Direktur De Heus Indonesia.

Beliau menambahkan: “Sejak tiga tahun kehadiran De Heus Indonesia, Kami sangat optimis dengan industri unggas. Kami hadir untuk memberikan warna baru bagi industri unggas, karena De Heus berkomitmen untuk mendukung dan tidak bersaing dengan peternak ayam pedaging komersial, sekaligus membangun aliansi strategis dengan UKM dan peternak ayam lokal.”

Janu Putra Sejahtera bermitra dengan De Heus Indonesia untuk meresmikan peternakan GPS berteknologi tinggi, ramah lingkungan, dan terkomputerisasi berbasis industri 4.0. Sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi yang dapat diterima di pasar global.

“Kami ingin menghasilkan daging ayam yang bersih maupun aman, serta anak ayam dan telur tetas yang yang berkualitas. Sehingga dapat diterima oleh pelanggan baik di dalam maupun luar negeri. Kami berpartisipasi di dalam rantai makanan ini bertujuan untuk pembangunan yang berkelanjutan, stabil dan jangka panjang. Kami berterima kasih kepada De Heus karena telah mendukung kami para peternak lokal untuk menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi dan memperkenalkan kami kepada pelanggan potensial.” ujar Bapak Singgih, pendiri PT. Janu Putra Sejahtera.

Kandangnya sanggup menampung 20.000 ayam GPS, yang lebih ramah lingkungan dengan penggunaan sel surya dan bebas dari bungkus atau karung plastik. "Sentuhan dengan manusia juga minim, sehingga lebih bebas bakteri untuk menghasilkan produk lebih berkualitas," ujar Singgih.

Kedua perusahaan berkomitmen untuk mendorong visi keberlanjutan dalam waktu dekat dengan menggunakan truk curah untuk mengisi silo pakan dan mengurangi penggunaan plastik. Kedepanya, terdapat panel surya yang akan dipasang pada tahap investasi kedua.

Diresmikan pula oleh Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno dan Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak - Kementerian Pertanian, Sugiono, fasilitas petenakan tersebut diharapkan dapat membantu memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitar peternakan Giriwoyo.

''Investasi peternakan di Wonogiri sangat tepat, karena ekonomi terus tumbuh. Selain itu kesadaran pentingnya protein juga kian populer di kalangan masyarakat'' Jelas Setyo.

Selama ini Kita disibukkan dengan masalah jagung dan DOC, semoga kehadiran peternakan ini membawa harapan bagi industri perunggasan nasional'' jelas Sugiono.

Sebagai bagian dalam menyediakan pakan berkualitas, De Heus Indonesia terus memberikan inovasi dan teknologi untuk meningkatkan kualitas serta produksi ternak Anda!