Fasilitas Penelitian Akuakultur kami di Vietnam

12 Maret 2021

Pusat research and development (R&D) akuakultur kami terletak di Vietnam bersebelahan dengan sungai Mekong menjadi tempat yang ideal karena kami dapat melakukan uji coba riset dekat dengan kondisi pasar. Misal, menggunakan air dengan parameter kualitas serupa yang menyerupai pasar tempat kami berada, di Vietnam, Asia Tenggara, dan negara penghasil budidaya air hangat lainnya. Air dipompa ke kolam sedimentasi untuk membuat padatan tersuspensi, sebelum dipompa ke tangki waduk. Dari sin, gravitasi akan menjaga pasokan air ke seluruh fasilitas yang terdiri dari bagian dalam ruangan dan bagian luar ruangan.

Pusat Litbang akuakultur kami terletak di Vietnam tropis di sebelah sungai Mekong. Ini ideal karena kami dapat melakukan uji coba riset dalam kondisi pasar dekat. Misalnya menggunakan air dengan parameter kualitas serupa yang menyerupai pasar tempat kami berada, di Vietnam, Asia Tenggara, dan negara penghasil budidaya air hangat lainnya. Air dipompa ke kolam sedimentasi untuk membuang padatan tersuspensi, sebelum dipompa ke tangki waduk. Dari sini, gravitasi akan menjaga pasokan air ke seluruh fasilitas yang terdiri dari bagian dalam ruangan dan bagian luar ruangan.

 

Fasilitas dalam ruangan

Fasilitas dalam ruangan digunakan untuk penelitian ikan air tawar, udang dan ikan laut. Bagian dalam ruangan memiliki tiga set tangki dengan ukuran berbeda, 36 tangki 150 liter, 48 tangki 500 liter dan 27 tangki 2000 liter untuk melakukan uji kecernaan dan uji kinerja. Berbagai unit tangki dijalankan dengan sistem resirkulasi akuakultur (RAS) yang bersirkulasi ganda, sangat efisien dan hemat biaya, sistem penyaringan air untuk memaksimalkan pengendalian kondisi pemeliharaan. Setiap unit RAS dapat digunakan secara terpisah tetapi juga dapat dihubungkan agar memiliki kondisi yang sama dalam kelompok tangki yang lebih besar. Hal ini memberikan fleksibilitas luar biasa dalam mempersiapkan berbagai jenis uji coba.

 

Fasilitas luar ruangan

Fasilitas luar ruangan hanya digunakan untuk ikan air tawar dan terdiri dari berbagai kelompok kolam uji di mana air diganti secara terus menerus dengan air tawar dari tangki penampungan pusat. Ada 13 kolam kecil seluas 100 meter persegi, dua kolam besar seluas 800 meter persegi dengan 72 hapa (keramba jaring), sembilan kolam skala nyata seluas 500 meter persegi dan satu kolam percontohan berukuran besar 2000 meter persegi. Hal ini memungkinkan kami untuk menguji dalam kondisi yang mendekati seperti yang dihadapi oleh pelanggan kami, menguji teknologi baru dan konsep baru yang diputar di fasilitas dalam ruangan. Terakhir, sebelum air ditampung dan dikembalikan ke sungai dibersihkan di kolam pengendapan yang besar.

 

 

 

Fasilitas penelitian

Peneliti dan staf teknis kami di fasilitas R&D mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk meneliti berbagai spesies budidaya yang diproduksi secara umum, seperti ikan nila, patin, udang lele.

 

Pelanggan mengandalkan kami untuk menghasilkan pakan yang dapat membudidayakan ikan mereka dengan baik sehingga mereka dapat fokus pada perluasan budidaya. Dengan fasilitas R&D khusus untuk akuakultur, kami memungkinkan hal ini bisa terjadi..



Cerita Pelanggan Kami

De Heus Indonesia