Grup Royal De Heus memasuki pasar Indonesia melalui akuisisi PT. Universal Agri Bisnisindo

15 Oktober 2018

Pada tanggal 11 Oktober 2018, grup Royal De Heus (“De Heus”) menandatangani perjanjian jual beli saham untuk mengakuisisi 100% saham Universal Agri Bisnisindo, sebuah perusahaan pakan ternak swasta Indonesia yang dipegang oleh konsorsium beberapa pemegang saham swasta. Akuisisi ini menandakan masuknya De Heus ke pangsa pasar pakan hewan di Indonesia dan sejalan dengan strategi De Heus untuk lebih memperkuat posisinya di bidang pakan ternak di Asia. Kami berharap dapat menutup akuisisi selama kuartal ke empat di tahun 2018.

Dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar konsumsi protein terbesar di Asia Tenggara dan permintaan protein hewani di Indonesia akan terus meningkat karena adanya peningkatan pendapatan, pertumbuhan populasi dan perubahan preferensi pola makan. Sebagai hasilnya, ukuran pasar pakan ternak diperkirakan akan terus berkembang dari 19 juta ton menjadi 22 juta ton di tahun 2022.

 

300.000 ton pakan unggas, ikan dan udang

“Dengan total volume penjualan tahunan 300.000 ton pakan unggas, ikan dan udang, Universal memberikan De Heus platfrom yang ideal untuk membangun dan memperluas aktivitas kami di Indonesia,” ucap Koen De Heus, CEO Royal De Heus. Beliau lebih lanjut menambahkan: “De Heus adalah perusahaan milik keluarga dengan visi jangka panjang untuk industri pakan ternak. Empat generasi keluarga kami telah menunjukkan kepemimpinan, komitmen dan keterlibatan mereka dengan klien dan mitra kami. Saya yakin bahwa pengetahuan, pengalaman dan eksistensi internasional dapat membantu kami untuk memperkuat dan menumbuhkan aktivitas pakan Universal di Indonesia dengan mengoptimalkan kinerja teknis pelanggannya dan para peternak dan pembudidaya mandiri. Kami menyambut karyawan Universal ke dalam keluarga De Heus”. 

Octo Rachnalim, salah satu pemegang saham utama Universal mengatakan: “Pertama-tama, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada karyawan dan pelanggan kami yang setia dan berkomitmen kepada Universal yang telah kami bangun bersama sejak tahun 2000. Kedua, kami ingin menginformasikan kepada mereka bahwa kami yakin De Heus akan semakin memperkuat dan mengembangkan Universal.”

 

Royal De Heus di Asia

Di tahun 2009, De Heus memasuki pasar Asia Tenggara melalui akuisisi perusahaan pakan ternak di Vietnam. Sembilan tahun kemudian, De Heus Vietnam telah menjadi pemain 3 teratas, dengan delapan pabrik yang menyebar secara strategis di negara tersebut.

“Keberhasilan De Heus di Vietnam - di mana sejak tahun lalu kantor pusat regional kami berada - telah meningkatkan kepercayaan diri kami untuk mengembangkan aktivitas kami di wilayah tersebut. Selain Vietnam, saat ini kami juga berhasil mengoperasikan dua pabrik pakan di Myanmar, membangun pabrik pakan di Kamboja dan melalui akuisisi ini, kami dapat memasuki pasar pakan ternak Indonesia yang menjanjikan,” kata Gabor Fluit, Regional Director De Heus Asia. 

De Heus akan menunjuk Kay De Vreese - yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun pengalaman dalam posisi manajemen kunci di industri di Eropa dan Asia - sebagai Presiden Direktur Universal. Beliau akan didukung oleh Ton Hovers, seorang profesional berpengalaman di industri pakan ternak Indonesia, yang akan menjadi anggota Dewan Direksi Universal dan yang akan fokus pada pengembangan dan pertumbuhan bisnis Aqua lebih lanjut.