Articles

Kokot Februhadi: Pentingnya Trainer dan Technical Support Sebagai Kunci Kepuasan Pelanggan

05 Juli 2021
-
2 Menit

Sebagai seorang Poultry Training Manager, Kokot Februhadi menceritakan bagaimana pentingnya menerapkan filosofi perusahaan kepada setiap anggota technical support poultry. Sehingga banyak sekali petani dan peternak menyukai produk De Heus Indonesia. Ingin mencari tahu pengalaman kokot? Berikut penjelasanya!

Technical Support Merupakan Ujung Tombak Perusahaan Karena Bersentuhan Langsung Dengan Konsumen

Perjalanan Kokot Sebagai Bagian dari De Heus Indonesia

Sejak bergabung dengan De Heus Indonesia, Kokot tahu bahwa De Heus tidak melakukan kompetisi di pasar hasil ternak, tetapi De Heus memberikan pengalaman dan ilmu kepada para pelanggan.

Penerapan tesebut sudah berlangsung lebih dari 100 tahun dan akan menjadi faktor pendorong untuk keberhasilan dan kesuksesan. Baik untuk perusahaan maupun pelaku usaha ternak.’

Pentingnya Technical Support dalam Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Kokot menceritakan bahwa De Heus Indonesia selalu menyediakan technical support untuk mendampingi setiap peternak. Tujuannya tentu saja agar mencapai produksi ternak yang maksimal.

Setiap technical support De Heus telah dibekali ilmu pengetahuan dan didukung oleh peralatan dalam menganalisa berbagai parameter di lapangan. Selain itu, Kokot menjamin ketulusan setiap anggota selalu siap membantu setiap kegiatan di lapangan, ini merupakan bukti bahwa pilihan peternak terhadap De Heus Indonesia tidak pernah salah.

Bagaimana Tim Technical Support De Heus Berkontribusi?

Tim technical support bersama sales ikut aktif memonitor, menganalisa, memberi saran, dan masukan berdasarkan SOP (Standar Operasional Produksi) manajemen peternakan. Lalu dilakukan evaluasi dengan membandingkan target produksi yang harus dicapai. Semua parameter dianalisa dengan peralatan yang ada untuk didiskusikan dan dilaksanakan.

Kokot menambahkan, setiap technical support siap melaksanakan trial pakan di peternakan, dan tinggal bersama peternak selama periode tersebut, untuk menunjukkan kepada peternak bahwa setiap produksi dapat mencapai nilai yang maksimal.

Sebagai ujung tombak perusahaan di sektor lapang. Technical support dan sales selalu menyampaikan informasi terbaru untuk peternak. Kami siap memberikan informasi, masukan, saran, atau keluhan dari peternak terkait standar manajemen ternak yang diberikan perusahaan.

Harapan Kokot Untuk Technical Support

Dengan berkembanganya De Heus Indonesia dan meningkatnya sektor peternakan di Indonesia, Kokot berharap bahwa jumlah technical support akan terus bertambah di lapangan. Tentunya penambahan personel tersebut ditujukan untuk menjangkau setiap daerah dan berbagai sub bidang peternakan. Sehingga semua peternak bisa terbantu dan didukung oleh tim technical support De Heus Indonesia.

Kokot juga berharap, keberadaan technical support dan sales di lapangan bisa membantu peternak untuk mencapai produksi yang maksimal serta berkontribusi untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya, bagi peternak, maupun De Heus Indonesia.

Peranan Trainer Poultry De Heus Indonesia

Sebagai Manager Training Poultry, Kokot menjelaskan bahwa dalam 5 tahun terakhir, terdapat perubahan besar yang mengarah pada peningkatan sektor produksi, khususnya ayam broiler.

Pertama, perubahan terkait penghentian penggunaan antibiotik atau growth promotor.

Kedua, perubahan manajemen kandang dari sistem open house menjadi close house.

Ketiga, perubahan penggunaan peralatan yang serba otomatis, perubahan iklim, pencapaian performa ayam 2 kg/bulan.

Semuanya membutuhkan ilmu dan pengalaman baru untuk menyesuaikan dengan tantangan tersebut.

Disinilah peran sentral trainer De Heus Indonesia dalam memajukan technical support. Dengan memberi dukungan ilmu dan pengalaman baru untuk peternak dan anak kandang di lapangan.

Tugas Trainer De Heus Indonesia

  1. Mencetak technical support yang profesional di berbagai area sehingga mudah dijangkau oleh pelanggan setia De Heus Indonesia.
  2. Mengadakan training dan sharing kepada peternak ataupun pelanggan yang membutuhkan, sesuai dengan topik dan target yang ingin dicapai oleh mereka
  3. Melakukan webinar satu kali dalam sebulan, secara nasional dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh peternak.

Target Trainer De Heus Indonesia

Target setiap trainer De Heus Indonesia yaitu memberikan bekal ilmu dan pengetahuan praktis untuk semua pelanggan sebagai bagian dari keluarga besar De Heus Indonesia.  Kedepanya diharapkan dapat mencapai manajemen peternakan yang baik untuk mencapai keuntungan maksimal

Rencana Kokot Kedepan untuk De Heus Indonesia

  1. Mencetak sebanyak-banyaknya trainer di seluruh Indonesia sehingga lebih dekat dengan pelanggan.
  2. Mengadakan training dan sharing untuk ke semua pelanggan yang sebagian besar peternak, sesuai dengan topik dan keinginan yang dibutuhkan pelanggan.
  3. Mengadakan studi banding dengan peternak yang telah berhasil, sehingga diharapkan kesuksesan dari peternak yang satu bisa diterapkan kepada peternak lain.